Selasa, 03 Juli 2012

Pengertian Televisi


Impian dan cita-cita saya sewaktu kecil tidak ada hubungannya sama sekali dengan dunia Broadcasting. Ketertarikan dengan dunia entertainment pun tidak ada. Namun entah mengapa setelah guru BP/BK saya sewaktu kelas 9 SMP menginformasikan tentang beberapa SMA dan SMK di Jakarta, saya mendengar bahwa ada sebuah sekolah yang memiliki jurusan yang tidak biasanya ada di sekolah-sekolah lain, yaitu Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian. Akhirnya saya tertarik dan memutuskan untuk sekolah jurusan Broadcast.
                Perjalanan saya sebelum memasuki dunia Broadcasting pun harus melalui halangan dan rintangan (hehehhe). Keluarga saya selalu mendukung setiap pilihan yang saya pilih dan keluarga saya memang sangat percaya bahwa pilihan yang saya pilih akan bersifat positif untuk saya dan keluarga  saya. Akan tetapi yang saya herankan kenapa ada beberapa orang baik dari pihak SMP saya yang meremehkan dan tidak percaya kalau saya akan masuk ke sekolah tersebut (mereka bilang seperti itu karena melihat nem saya yang “mungkin kecil”).
                Namun saya pantang menyerah, saya tidak peduli dengan apa yang dikatakan orang lain. Saya hanya peduli dengan impian baru saya dan motivasi yang diberikan keluarga dan sahabat-sahabat saya. Saya tetap daftar ke sekolah itu, dan akhirnya saya lulus dari semua test. Dan alangkah tidak percayanya saya ketika mengetahui bahwa saya menduduki peringkat I di jurusan saya itu. Tidak hanya itu saja, saya dapat membuktikan bahwa saya pasti bisa dan segala pengorbanan yang diberikan ibu saya sejak saya daftar hingga saya diterima tidaklah sia-sia.
                Demikian cerita dari saya ini, saya harap dari cerita ini Anda dapat memetik hikmah yang ada di dalamnya bahwa bersikap tulilah apabila ada orang-orang yang meremehkan dan berusaha menjatuhkanmu, dan dengarlah kata-kata dari setiap orang yang selelu setia mendukungmu. Jangan lupa berdoa dan yakinlah bahwa Anda pasti bisa.
                Sekarang saya akan berbagi sedikit ilmu tentang materi yang saya terima dari guru saya di kelas X. Karena jurusan saya fokus di Broadcast TV, jadi materi-materi yang akan saya bagikan kepada Anda adalah yang berhubungan dengan media audio-visual.

TELEVISI

A.        Pengertian Televisi
Televisi adalah sistem telekomunikasi yang mengirimkan gambar objek (stasioner/memindahkan) antara titik yang jauh. Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang banyak digunakan untuk transmisi dan menerima gambar bergerak baik monokromatik (hitam putih) atau warna biasanya disertai dengan suara.

B.         Manfaat Televisi
1.      Memberikan manfaat kepada audience atau penonton :
·         Informasi;
·         Pendidikan;
·         Hiburan.
2.      Memberi motivasi untuk audience atau penonton.
3.      Memberikan pesan yang baik dan inspirasi.

C.         Prinsip Televisi
Prinsip televisi adalah aturan-aturan yang berlaku di setiap saluran televisi, yaitu :
1.      Strategi Produksi
2.      Pola penyiaran
3.      Pola program penyiaran
4.      Produksi frekuensi dan penyiaran setiap program
5.      Durasi setiap program
6.      Karakteristik produksi atau penyiaran
7.      Sistem produksi atau penyiaran
8.      Teknik produksi atau penyiaran

D.     Format Program Acara Televisi
Program acara TV dibagi menjadi 4 format :
1.      Format program TV non-drama (non-fiksi). Contoh : kuis, reality show, talkshow, gameshow, variety show.
2.      format progam TV drama (fiksi). Contoh : film, komedi, sinetron, horror, legenda.
3.      Format program TV berita (News).
4.      Format program TV penunjang (iklan).

Di televisi, kita pernah mendengar program seri dan program serial. Tahukah Anda perbedaan dari dua program tersebut?
Program Seri adalah sebuah program yang dalam setiap tayangan mempunyai sub title, akan tetapi dia juga mempunyai main title. Contoh : Eneng dan Kaos Kaki Ajaib, Doraemon, Shinchan, dsb.
Program serial adalah sebuah program yang setiap penayangannya hanya mempunyai satu judul utama (main title). Contoh : Cinta Fitri, dsb.
           
Di dunia broadcasting, ada yang namanya OB Van (Open Broadcast Van) yang berfungsi sebagai pemancar berita (gambar dan suara) dari tempat kejadian. Didalam OB Van terdapat studio mini (control room) yang berfungsi mengedit gambar dan suara sebelum dipancarkan ke studio.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar